Selasa, 02 Juni 2009

Orientasi kerja

Dalam banyak perusahaan orientasi kerja bagi pekerja baru, merupakan suatu hal yang efektif sebagai sebuah prosedur untuk memberikan informasi dan latar belakang perusahaan yang dibutuhkan oleh pekerja sebagai pengenalan dan proses sosialisasi pekerja baru sesuai yang diharapkan perusahaan dalam rangka perekrutannya.

Orientasi dapat diberikan oleh :

  • Departemen HRD : menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman dan pelaksanaan kesepakatan kerja, menjelaskan visi dan misi perusahaan, menjelaskan peraturan kerja, dan menjelaskan peraturan perusahaan.

  • Departemen pekerja ditempatkan : menjelaskan secara pasti jabatan/posisi dan tanggung jawab yang akan dipegang, menjelaskan. teknis, etika dan peraturan kerja yang harus ditaati, menjelaskan strategi dan target yang akan dicapai, dan mengakrabkan hubungan dengan rekan kerja dalam team..

  • Departemen lain : memperkenalkan rekan-rekan kerja dalam perusahaan dan mensosialisasikan standar, nilai-nilai dan perilaku yang diharapkan perusahaan dan departemen-departemen lainnya..

Lamanya orientasi biasanya disesuaikan kebutuhan perusahaan dan ditinjau dari jenis usaha perusahaan atau ditinjau dari jabatan/posisi pekerja yang berhubungan dengan tanggung jawabnya, biasanya sih lamanya orientasi dalam perusahaan antara satu bulan sampai dengan enam bulan, masa ini bergantung kebutuhan dan penilaian perusahaan terhadap apa yang akan disampaikan.

Kompensasi dalam masa orientasi juga bergantung dari kebijakan peruasahaan, biasanya suatu perusahaan menganggap masa orientasi belum mengerjakan pekerjaan secara seratus persen melainkan sebagai training dan pengenalan sehingga perusahaan memberikan kompensasi dalam masa orientasi hanya delapan puluh persen.

Hubungan kerja dalam masa orientatasi bergantung dari kesepakatan kedua belah pihak yang biasanya terjadi apabila dalam masa orientasi pekerja memenuhi syarat maka perusahaan meningkatkan status hubunagn kerja sebagai pekerja tetap. akan tetapi banyak perusahaan berpandangan bahwa dengan mengorientasikan pekerja didalam perusahaan berarti perusahaan telah menjalankan proses rekrutmen yang panjang yang memerlukan waktu dan biaya sehingga orientasi murni sebagai masa pengenalan dan adaptasi pekerja.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar