Selasa, 26 Mei 2009

Komunikasi dalam hubungan industrial

Hubungan antarmanusia (human relation) merupakan hubungan kemanusian yang dapat diciptakan atas kesadaran dan kesediaan melebur keinginan individu demi bersatunya kepentingan bersama. untuk menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis memerlukan kecakapan dan ketrampilan dalam berkomunikasi.

Dalam hubungan industrial, komunikasi merupakan hal yang penting, mengingat komunikasi sangat efektif digunakan sebagai penyampaian informasi dari pengusaha kepada pekerja baik dalam bentuk formal maupun informal atau dalam bentuk vertikal maupun horizontal..

Komunikasi dua arah (two-way trafic) dalam hubungan industrial dapat dilaksanakan sebagai salah satu langkah apabila suatu kebijakan industrial akan diambil, sebaiknya pengusaha dan pekerja duduk bersama-sama untuk mengkomunikasikan tujuan kebijakan yang akan diberlakukan, hal ini ditempuh agar kebijakan yang diputuskan dapat dimengerti, dipahami dengan jelas maksud dan tujuannya, sehingga dalam pelaksanaannya dapat ditaati, dijaga dan dihormati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar